PENERAPAN STRATEGI THE GREAT WIND BLOWS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Ariani Rosida, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6902/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6902/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6902/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6902/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6902/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6902/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6902/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6902/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V A yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V A MIM Simpang Kubu pada tahun 2013- 2014 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang, Laki-laki berjumlah 13 otang dan perempuan berjumlah 8 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi The Great Wind Blows untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasaran hasil penelitian analisis data diketahui bahwa hasil penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hanya 2 orang siswa (10%) yang nilainya mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 70. Setelah dilaukan tindakan pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 meningkat hingga 13 orang siswa atau (65%), untuk nilai rata-rata kelas mencapai69.75 dengan kategori “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat hingga mencapai 18 orang atau (90%) dengan nilai rata-rata mencapai 78.75 dengan kategori “tinggi”. Dengan keadaan ini menunjukan bahwa dengan menerapkan strategi The Great Wind Blows dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V MIM Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.