Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Mind Mapping terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas XI SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru dan dilatar belakangi oleh aktivitas belajar kimia siswa yang masih rendah pada tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MM sebagai kelas kontrol yang dipilih setelah dilakukan uji homogenitas. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes homogenitas, evaluasi, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Mind Mapping. Adanya pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Mind Mapping terhadap aktivitas belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon dapat dilihat melalui uji tes “t”. Hasil perhitungan diperoleh thitung = 2,27 sedangkan pada taraf signifikan 5% ttabel = 2,06, nilai thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran aktif tipe Index Card Match dengan Mind Mapping terhadap aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas XI SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru tahun pelajaran 2013/2014. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Index Card Match, Mind Mapping, Aktivitas Belajar, Hidrokarbon.