Daftar Isi:
  • Skripsi ini berjudul Peran Manajer dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan pada Usaha Simpan Pinjam Swamitra Kjub Mitra Tani Menurut Tinjauan Ekonomi Islam. Skripsi ini dilatar belakangi oleh peran manajer pada usaha simpan pinjam swamitra kjub mitra tani belum berjalan secara efektif. Hal ini dapat dilihat masih ada karyawan yang tidak disiplin dalam melaksanakan tugas,karyawan lebih santai dalam bekerja, dan karyawan Pulang tidak tepat waktu pada jam kantor. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran manajer dalam meningkatkan kinerja karyawan pada usaha simpan pinjam swamitra kjub mitra tani dan Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap peran manajer dalam meningkatkan kinerja karyawan pada usaha simpan pinjam swamitra kjub mitra tani. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada usaha simpan pinjam swamitra kjub mitra tani. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Bagaimana peran manajer dalam meningkatkan kinerja karyawan pada usaha simpan pinjam swamitra kjub mitra tani dan Bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap peran manajer dalam meningkatkan kinerja karyawan pada usaha simpan pinjam swamitra kjub mitra tani. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data skunder kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk penentuan sampel dalam penelitian ini, digunakan teknik total sampling dimana semua populasi dijadikan sampel yaitu berjumlah 7 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran manajer dalam meningkatkan kinerja karyawan pada usaha simpan pinjam swamitra kjub mitra tani sudah berjalan dengan baik. Walaupun ada ada sedikit yang belum terlaksana. Tinjauan ekonomi islam terhadap peran manajer dalam meningkatkan kinerja karyawan usahan simpan pinjam swamitra kjub mitra tani adalah tidak menyimpang dari ajaran islam, hanya saja tidak sesempurna kepemimpinan yang diterapkan oleh rasulullah dimana manajer ini kurang dalam mengembangkan jaringan dengan pihak luar organisasi serta dalam mengatasi permasalahan yang terjadi dikantor. Padahal hal ini bertujuan untuk sejauh mana karyawan dalam menjalan kan tugasnya.