PENGARUH PEMBELAJARAN AKUNTANSI TERHADAP NILAI KARAKTER KEJUJURAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU
Main Author: | Yessi Darmarini, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6819/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6819/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6819/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6819/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6819/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6819/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6819/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6819/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran akuntansi pada materi ajar laporan keuangan terhadap nilai karakter kejujuran siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru . Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi. Objek penelitian ini adalah pengaruh pembelajaran akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran siswa. Penelitian ini penelitian populasi dengan jumlah subjek sebanyak 76 orang siswa. Teknik pengumpulan data digunakan adalah dokumentasi, observasi, test dan angket. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai r observasi > r tabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,232 < 0,514 > 0,302) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Besar persentase pengaruh pembelajaran akuntansi terhadap nilai karakter kejujuran siswa sebesar 26,5%, sedangkan sisanya sebesar 73,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.