Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kesulitan belajar pada mata pelajaran Nahwu kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pon-Pes Darul Huda Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalahnya adalah “ Apa yang menjadi faktor penyebab kesulitan belajar Nahwu siswa kelas VIII MTs Pon-Pes Darul Huda di tinjau dari faktor internal pembelajaran dan faktor eksternal pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Huda kecamatan Tapung Kabupaten Kampar yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa soal tertulis atau angket yang peneliti berikan langsung kepada siswa, dan wawancara yang peneliti lakukan kepada guru bidang studi Nahwu di kelas VIII MTs Darul Huda. Dan dokumentasi, dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskripstif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket dan wawancara dengan guru bidang studi Nahwu. Peneliti memberikan pertanyaan tertulis mengenai kesulitan belajar beserta alternatif jawaban. Dan peneliti mewawancarai guru bidang studi nahwu untuk mendukung hasil angket siswa, setelah diperoleh data, peneiti manganalisa hasil data dari angket dan hasil wawancara guru tersebut. Berdasarkan hasil analisis data yang peneliti lakukan, dapat disimpulkan bahwa dua faktor penyebab kesulitan beajar Nahwu siswa kelas VIII MTs darul huda yaitu faktor internal pembelajaran dan faktor eksternal pembelajaran. Namun dari hasil analisis data baik dari angket siswa maupun hasil wawancara guru bidang studi Nahwu, faktor yang paling dominan menjadi penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran Nahwu kelas VIII MTs Darul huda adalah faktor eksternal pembelajaran.