PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS MATERI ORGAN PERNAPASAN HEWAN MELALUI METODE BAMBOO DANCING DI KELAS V SDN 019 RIMBO PANJANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Efduar, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6800/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6800/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6800/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6800/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6800/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6800/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6800/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6800/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi organ pernapasan hewan melalui Metode Bamboo Dancing di kelas V SDN 019 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains, hal ini terlihat hanya 13 orang atau 50,00% yang mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, sedangkan sisanya belum mencapai KKM yang telah ditetapkan, selain itu hanya sebagian siswa dapat mengerjakan tugas latihan dengan benar dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar Sains materi organ pernapasan hewan dapat ditingkatkan melalui Metode Bamboo Dancing pada siswa kelas V SDN 019 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2009- 2010 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar Sains pada materi organ pernapasan hewan melalui metode Bamboo Dancing pada siswa kelas V SDN 019 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu lembar pengamatan yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui profil sekolah. Berhasilnya penerapan metode Bamboo Dancing pada mata pelajaran Sains, diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya mencapai 13 orang siswa atau dengan persentase 50,00%. Siklus I siswa yang tuntas mencapai 18 orang siswa dengan persentase 69,00%. Dengan demikian secara klasikal atau secara keseluruhan hasil belajar siswa belum 75% mencapai KKM yang telah ditetapkan, yaitu 65, secara individu sebagian masih ada siswa yang tidak tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan yaitu pada siklus II ternyata siswa yang tuntas mencapai 23 orang siswa atau dengan persentase 88,46%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui metode Bamboo Dancing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sains materi organ pernapasan hewan di kelas V SDN 019 Rimbo Panjang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Sains, Organ Pernapasan, Bamboo Dancing.