PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PROBLEM POSING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 KAMPAR TIMUR
Main Author: | Yulia Hervina, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6796/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6796/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6796/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6796/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6796/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6796/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6796/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6796/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: “Apakah ada pengaruh pendekatan pembelajaran kooperatif Problem Posing terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 1 Kampar Timur”. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran kooperatif Problem Posing terhadap pemahaman konsep matematika siswa SMA Negeri 1 Kampar Timur. Penelitian ini merupakan Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Kampar Timur tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 911 siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X7 dan siswa kelas X5. Pengambilan sampel menggunkan Purvosive Sampling, di mana kelas X7 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Problem Posing dan kelas X5 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Adapun teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan test-t melalui uji persyaratan normalitas data menggunakan uji Liliefors dan homogenitas data menggunakn Uji F. Hasil hipotesis data pretest kelas kontrol dan eksprimen didapat nilai thitung adalah 0,16 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung < ttabel atau 0,16 < 2,00 ,pada taraf signifikan 5%. Menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pemahaman konsep matematika kelas eksprimen dan kontrol sebelum perlakukan. Setelah perlakuan nilai rata-rata kelas eksprimen yaitu 81,21 yang lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu71,35. Berdasarkan hasil perhitungan test-t diperoleh nilai thitung adalah 3,34 dan nilai ttabel adalah 2,00. Oleh karena itu thitung > ttabel atau 3,34 > 2,00 , Dari perhitungan didapat thitung = 3,34 jelas berada pada daerah penerimaan Ha. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menerapkan pendekatan Problem Posing dengan siswa yang belajar menerapkan pembelajaran konvensional.