MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 020 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Usman, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6789/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6789/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6789/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6789/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6789/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6789/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6789/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6789/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi awal yang penulis lakukan diketahui hasil belajar IPA siswa Kelas III SDN 020 Padang Mutung masih rendah. Penulis tertarik melakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan penerapan pembelajaran Terpadu Model Webbed pada Siswa Kelas III SDN 020 Padang Mutung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Pembelajaran Terpadu Model Webbed dapat Meningkatkan Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas III SDN 020 Padang Mutung Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 020 Padang Mutung, dengan jumlah siswa yaitu 18 orang, yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 8 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah penerapan pembelajaran Terpadu Model Webbed dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa. Instrumen penelitian ini terdiri dari tekhnik pengumpulan data berupa tes yang dilakukan pada bagian akhir proses pembelajaran dengan materi pelajaran yang telah dipelajari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan 2 siklus, diketahui bahwa pada tes awal nilai rata-rata yang diperoleh siswa hanya mencapai 59,10 yang mencapai KKM 65 hanya 9 orang atau (50%). siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 63,6 siswa yang mencapai KKM 65 ada 12 orang atau (66%). Siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa mencapai 67 artinya nilai di atas KKM. Siswa yang mencapai ada 15 orang atau (83%).