Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dari kinerja guru pembimbing dalam melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling khususnya dalam penyampaian materi layanan oleh guru pembimbing di dalam kelas, selain itu peneliti juga meneliti factor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru pembimbing dalalm melaksanakan kegiatan Bimbingan dan Konseling . Masalah penelitian ini adalah kinerja guru pembimbing khususnya guru pembimbing honorer yang kurang maksimal. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana kinerja guru pembimbing dalam dalam melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 2 Tambang dan apa saja indikator dan factor yang mempengaruhi dari kinerja guru pembimbing. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Hasil observasi selama penyampaian layanan menunjukkan bahwa kinerja guru pembimbing tergolong maksimal dengan presentase 81%. Ini menunjukkan bahwa kinerja guru pembimbing baik, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling, khususnya dalam penyampaian materi layanan di kelas. Dari hasil wawancara dinyatakan bahwasanya guru pembimbing tersebut sangat menyenangi profesinya ini terbukti dengan guru pembimbing yang aktif mengikuti kegiatan seminar ataupun MGP yang diadakan. Sehingga guru pembimbing tersebut dapat menambah wawasan mereka di dalam melaksanakan kegiatan Bimbingan dan konseling, dan ini tentunya dapat menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kinerja guru pembimbing tersebut.