PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN INFORMASI TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR
Main Author: | Haznimar, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6783/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6783/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6783/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6783/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6783/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6783/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6783/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6783/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi terhadap kedisiplinan siswa di SMAN 1 Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa dan guru pembimbing. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi terhadap kedisiplinan siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 orang siswa dan pembimbing, Peneliti teknik purposive sampling. Teknik purposive sampling adalah pengambilan sampel berdasarkan subjektif peneliti berdasarkan pada karakteristik tertentu yang dianggap mempunyai sangkut paut dengan karakteristik populasi yang sudah diketahui sebelumnya dengan pertimbangan. Untuk pengumpalan data digunakan Angket terhadap siswa. Teknik ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang bentuk perilaku ketidakdisiplinannya siswa di SMA Negeri 1 Kampar. Data penelitian dianalisis dengan teknik korelasi kuantitatif yang dianalisa dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment (PPM) yaitu memprediksi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan informasi terhadap kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar. Hal ini berdasarkan rxy lebih besar dari rt pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau 0.195 < 3.341 > 0.254). Semakin baik atau aktifnya siswa dalam mengikuti layanan informasi maka semakin baik atau tinggi kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil dari penelitian yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan mengikuti layanan informasi terhadap kedisiplinan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar, maka penulis menyarankan kepada guru pembimbing harus lebih meningkatkan kualitas pribadi seorang guru pembimbing dan meningkatkan layanan informasi kepada siswa, membantu setiap permasalahan yang dihadapinya, dan segala sesuatu yang menjadi hambatan dan hal-hal yang mengganggu siswa dalam proses belajar dapat teratasi agar terlahirnya kedisiplinan dalam diri siswa.