Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 094 Pekanbaru dengan penerapan Teknik Pembelajaran Pusat Rotasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Teknik Pembelajaran Pusat Rotasi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 094 Pekanbaru. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV tahun pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang terbagi atas 18 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan Teknik Pembelajaran Pusat Rotasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu lembar pengamatan yang digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa, tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan dokumentasi yang digunakan untuk mengetahui profil sekolah. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada sebelum tindakan siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 15 orang siswa atau dengan persentase 46,88%, siklus I siswa yang tuntas secara keseluruhan meningkat menjadi 22 orang siswa atau dengan persentase 68,75%, dan pada siklus II siswa yang tuntas secara keseluruhan adalah 26 orang siswa atau dengan persentase 81,25%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan Teknik Pembelajaran Pusat Rotasi dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 094 Pekanbaru.