KETERAMPILAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MERUMUSKAN SOAL-SOAL TES URAIAN DI MADRASAH ALIYAH KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Efni Zurfanita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6770/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6770/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6770/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6770/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6770/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6770/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6770/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6770/ |
Daftar Isi:
- Salah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah keterampilan dalam merumuskan soal-soal tes baik lisan maupun tulisan. Di antara jenis tes yang sering digunakan dalam rangka mengevaluasi hasil belajar siswa adalah tes essay atau tes uraian. Biasanya tes jenis ini sering digunakan pada waktu evaluasi atau Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester. Dalam rangka menyusun tes uraian tersebut terdapat sejumlah ketentuan yang harus dipedomani. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam merumuskan tes uraian di Madrasah Aliyah Kampar Timur dan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan guru dalam merumuskan soal-soal tes uraian. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Kampar Timur. Sebagai subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam sedangkan objeknya adalah keterampilan guru dalam merumuskan soal-soal tes uraian. Populasi penelitian adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam yang berjumlah empat orang. Mengingat jumlah populasi tidak banyak maka dalam penelitian ini seluruh populasi diteliti. Data dikumpulkan melalui teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan penyajian dan analisis data maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa (1) keterampilan guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Kampar Timur dalam merumuskan soal-soal tes uraian tergolong “Terampil” dengan persentase 71%. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam arti mendukung keterampilan guru dalam merumuskan soal-soal tes uraian adalah (a) faktor pengetahuan guru itu sendiri, (b) faktor pelatihan/penataran yang diikuti, (c) faktor pengawasan kepala sekolah