Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Siakhulu Kabupaten Kampar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Siakhulu Kabupaten Kampar? dan 2) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Siakhulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Siakhulu Kabupaten Kampar. Objek dalam penelitian implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Siakhulu Kabupaten Kampar tergolong dalam kategori “Baik” dengan persentase 79,1%. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Siakhulu Kabupaten Kampar adalah kemampuan guru, komunikasi guru dengan kepala sekolah, tersedianya fasilitas pembelajaran dan ketersediaan waktu.