PENGARUH PERSEPSI TENTANG PENERAPAN STRATEGI MODELLING THE WAY TERHADAP KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Muhammad Ibrahim, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6763/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6763/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6763/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6763/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6763/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6763/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6763/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6763/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh persepsi tentang penerapan strategi modelling the way terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran fiqih. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kabupaten Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Pengaruh Persepsi tentang Penerapan Strategi Modelling The Way terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kuok yang berjumlah 180 orang, peneliti mengambil sampel 28% dari 180 orang siswa. sehingga jumlah sampel sebanyak 50 siswa dan pengambilan sampel penelitian ini dengan cara stratified random sampling yaitu teknik pengambilan sampel penelitian secara acak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus korelasi Product Moment. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa terdapat pengaruh positif pada Pengaruh Persepsi tentang Penerapan Strategi Modelling The Way terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kabupaten Kampar. Artinya semakin aktif guru melakukan berbagai strategi dalam pembelajaran, semakin tinggi pula keaktifan siswa dalam memahami materi pelajaran dalam materi pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kabupaten Kampar. Pengaruh kedua variabel berada pada kategori kuat atau sangat tinggi yaitu 0, 99. Koefisien Pengaruh Persepsi tentang Penerapan Strategi Modelling The Way terhadap Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kabupaten Kampar adalah 98% sedangkan sisanya 2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.