PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DENGAN PENDEKATAN EMPERISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH KUOK KECAMATAN BANGKINANG BARAT KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Dirwan Yusda, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6760/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6760/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6760/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6760/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6760/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6760/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6760/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6760/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Penerapan model pembelajaran matematika realistik dengan pendekatan emperistik merupakan salah satu metode yang memiliki suatu keunikan dalam menjelaskan konsep matematika kepada siswa. model pembelajaran ini memberikan suatu kelebihan, yaitu dalam memberikan penjelasan tentang konsep matematika guru akan mengaitkan konsep matematika yang akan diajarkan ke dalam realita kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi antara guru mata pelajaran matematika dan peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar yang berjumlah 23 siswa dan guru bidang studi matematika, sedangkan objek penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa dan penerapan model pembelajaran matematika realistik dengan pendekatan emperistik. Pengambilan data dilakukan oleh peneliti sebelum tindakan dan sesudah tindakan dengan menggunakan soal-soal latihan di akhir pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisi statistik deskriptif`. Berdasarkan hasil analisis data, ketuntasan pemahaman konsep matematika siswa pada siklus I, II, dan III adalah (39,13%), (56,52%), dan (86,96%). Hasil peningkatan yang signifikan terjadi pada siklus III, sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Realistik dengan Pendekatan Emperistik pada siswa kelas VIII.3 SMP Muhammadiyah Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar.