HUBUNGAN TARIF DAN MINAT BELI PRODUK LAYANAN TELEKOMUNIKASI TELKOMSEL PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUSKA RIAU MENURUT TINJAUAN EKONOMI ISLAM

Main Author: Mastura,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6729/1/fm.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6729/2/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6729/3/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6729/4/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6729/5/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6729/6/em.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6729/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai banyaknya mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum menggunakan produk telkomsel yang tarifnya cenderung lebih mahal dari produk lain. Padahal mahasiswanya masih dibiayai orang tua. Dan biasanya mahasiswa pasti mencari yang lebih murah. Berdasarkan latarbelakang tersebut penulis merumuskan masalah sebagai berikut apakah ada hubungan yang signifikan antara tarif dan minat beli produk layanan telekomunikasi Telkomsel pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU dan apakah tarif produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli produk layanan telekomunikasi Telkomsel pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU. Serta bagaimana hubungan tarif dan minat beli produk layanan telekomunikasi Telkomsel pada mahasiswa fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau menurut tinjauan Ekonomi Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang menggunakan produk Telkomsel,jadi digunakan teknik Quota samplingsesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan sebanyak 98 orang, penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU yang menggunakan produk Telkomsel. Hasil penelitian menunjukkan bahwaHarga Telkomsel dinilai sangat tinggi dibandingkan produk lain. Namun minat mahasiswa dalam membeli produk layanan telekomunikasi Telkomsel juga sangat tinggi. Baik dilihat dari minat transaksional, minat preferensial, minat referensial serta minat eksploratif ini disebabkan oleh jaringan Telkomsel yang sangat meluas ke berbagai daerah pelosok. Berdasarkan hasil analisis, harga berhubungan sangat kuat dengan minat beli mahasiswa ini bisa dilihat dari hasil analisis regresi linear sederhana, dan hasil analisis korelasi ganda. Dari hasil analisis uji t, hasil analisis regresi linear sederhana, dan hasil analisis determinasi, menyebutkan bahwa harga juga berpengaruh signifikan terhadap minat beli mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU.Hubungan Tarif dan Minat Beli Produk Layanaan Telekomunikasi Telkomsel pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN SUSKA RIAU Menurut Ekonomi Islam,adalah PT Telkomsel dalam melakukan pemasaran belum seluruhnya memperhatikan dan mengamalkan aspek-aspek syariah yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.