MANAJEMEN PEMASARAN PRODUK PADA PT PARSIA HUMAIRAH PEKANBARU DITINJAU MENURUT PERSPERKTIF EKONOMI ISLAM
Main Author: | Mira Rusiyanti, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6703/1/fm.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6703/2/BAB%201.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6703/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6703/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6703/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6703/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6703/7/em.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6703/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul “ Manajemen Pemasaran Produk PT. Parsia Humairah Pekanbaru DiTinjau Menurut Perspektif Ekonomi Islam”. Latar belakang penulis mengambil judul ini adalah melihat perkembangan pemasaran produk kurma parsia yang sudah meluas ditengah masyarkat bahkan sudah meluas keluar daerah. Permintaan akan kurma mengalami peningkat pada masa tertentu khususnya pada saat bulan suci ramadhan.Pemasaran yang tidak seimbang didalam kota kura,sedangkan didalam kota maju. Parsia menyediakan berbagai macam jenis kurma, diantaranya kurma anggur,kurma tangkai dari tunisia,kurma ajwa,kurma khlas,dan kurma saffah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pemasaran produk PT. parsia humairah pekanbaru, apa saja kendala-kendala dalam pemasaran produk PT. parsia humairah pekanbaru serta bagaimana tinjauan ekonomi islam pada manajemen pemasaran produk PT. parsia humairah pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pemasaran produk PT. parsia humairah pekanbaru, apasaja kendala serta bagaimana tinjaun ekonomi islam pada manajemen pemasaran produk PT. parsi humairah pekanbaru. Penelitian ini dilakukan di PT. Parsia Humairah Pekanbaru yang beralamatkan di Jalan Merpati Sakti kecamatan Tampan, Pekanbaru. Subjek alam penelitian ini adalah pemilik PT. paria humairah,karyawan dan agen. Populasi penelitian ini adalah pemilik PT. parsia humairah, karyawan 3 orang dan agen 5 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian penulis mengambil dari keseluruhan populasi dengan menggunakan total sampling. Sumber data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data penulis gunakan adalah observasi,wawancara serta dokumentasi. Analisa data yang penulis gunakan adalah analisa data deskriptif yaitu menganalisa data dengan jalan mengklafikasi data-data berdasrkan kategori- kategori atas dasar persamaan jenis dengan data tersebut. Kemudan diuraikan sehingga diperoleh gambaran yang utuh tentang masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini meode penulisan yang penulis gunakan adalah metode deduktif,metode induktif serta metode deskriptif. Dari hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa manajemen pemasaran produk pada Parsia Humairah Pekanbaru secara keseluruhan sudah baik. Pihak manajemen sebenarnya telahmenggunakanberbagai media dalam memasarkan dan mempromosikan produknya. Akan tetapi belum berjalan dengan efektif dan efisien, dalammewujudkan pemasaran produk guna memenuhi kebutuhannya dan memberikan kepuasaan pada masyarakat.Adapun kendala dalam manajemen pemasaran produk Parsia Humairah adalah produk,harga dan persaingan. Hal ini terbukti karna kurma langsung diimpor dari Iran melalui pelabuhan Belawan,Sumatra Utara. Pada hal ini tentu saja ada produk kurma yang diterima oleh Parsia Humairah tidak sesuai dengan permintaan atau ada hal-hal diluar dugaan, seperti halnya kemasan rusak, kurma tidak segar lagi mengingat pengiriman barang menggunakan kapal laut yang memakan waktu cukup lama sekitar 3-4 hari. Parsia Humairah terbilang usaha baru dalam distributor kurma. Masyarakat belum begitu mengenal produk kurma yang ditawarkan oleh Parsia Humairah hal ini yang membuat produk kurma Parsia Humairah kalah saing dipasaran. Menurut perspektif ekonomi islam manajemen pemasaran produk Parsia Humairah Pekanbaru, telah sesuai dengan prinsip syari’ah. Hal ini terbukti karena seluruh proses, mulai dari produk,harga,promosi dan distribusi tidak bertentangan dengan syariat islam.