HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KINERJA GURU
Main Author: | Mira Kalsum, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6669/1/fm.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6669/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6669/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6669/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6669/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6669/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6669/7/em.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6669/ |
Daftar Isi:
- Guru memegang peranan yang paling utama dalam proses pembelajaran, untuk itu guru tidak hanya harus cerdas dalam pengetahuan tetapi juga harus cerdas dalam emosional. Rendahnya kecerdasan emosional akan berakibat kepada menurunnya prestasi/kinerja guru. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja guru adalah kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kinerja guru. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 110 orang guru tingkat SLTP sederajat di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non acak dalam kategori kuota. Instrumen yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional yang dimodifikasi peneliti yang telah diuji coba sebelumnya oleh Khuldi (2010) menggunakan teori Goleman (2004) dan skala kinerja guru yang dimodifikasi peneliti yang telah diuji coba sebelumnya oleh Susilawati (2014) menggunakan teori Rusman (2014). Penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Carl Pearson, menggunakan bantuan komputerisasi program SPSS 17.0 For Windows, dengan nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,384 dengan taraf signifikansi (p=0,000). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima, artinya terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru. Kata Kunci: Kinerja Guru, Kecerdasan Emosional.