IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI UNTUK MENGANALISIS KERANJANG BELANJA KONSUMEN PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SUPERMARKET (Studi Kasus Istana Kado Berkah Swalayan Pekanbaru)
Main Author: | Sali Afria Rini, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/663/1/2011_2011168.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/663/ |
Daftar Isi:
- Istana Kado Berkah Swalayan telah menggunakan sistem komputerisasi dalam menyimpan dan mengolah data-data transaksi, sehingga dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memberikan informasi bagi pengambil keputusan (manajer) secara cepat dan juga tepat. Knowledge atas suatu produk dapat digunakan oleh pihak supermarket untuk meningkatkan penjualan barang. Salah satu cara untuk mendapatkan knowledge adalah dengan melakukan data mining. Aplikasi ini menggunakan algoritma Apriori untuk melakukan analisa keranjang belanja konsumen pada supermarket. Data yang diperlukan diambil dari data transaksi penjualan selama periode tertentu dan diolah sehingga menghasilkan frequent itemset dan pada akhirnya menghasilkan Association Rules dari barang yang terdapat pada transaksi penjualan tersebut dan ditampilkan dalam bentuk laporan. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman FoxPro 9.0 dan database yang terdapat dalam bahasa pemrograman tersebut. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengambil keputusan dapat mengetahui asosiasi atau hubungan antar barang apa saja yang sering dibeli bersamaan oleh konsumen di supermarket yang dapat digunakan sebagai informasi bagi manajer untuk membantu dalam perencanaan strategi penjualan Kata Kunci: Algoritma Apriori, Association Rule, Data Mining, FoxPro 9.0, Frequent Itemset