KOMUNIKASI PEMASARAN PRODUK RAHN EMAS PADA PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG PEMBANTU PANAM DITINJAU MENURUT PEMASARAN SYARIAH
Main Author: | Maulana Firdaus, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6601/1/fm.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6601/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6601/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6601/4/BAB%20iii.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6601/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6601/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6601/7/em.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6601/ |
Daftar Isi:
- Adapunmasalah yang diteliti di latarbelakangioleh.Persainganperbankansyariah yang menuntutadanyakeunggulandalamberbagaibidangsalahsatu yang perlu di perhatikanpadabidangkomunikasipemasaran.Bank SyariahMandiriKantor CabangPembantuPanamdituntutuntukdapatsemaksimalmungkindalammengkomunikasi kanproduknyauntukmempengaruhinasabah agar melakukanpembelianpadaproduk- produknya.Salah satuproduk yang di tawarkanoleh Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamadalahprodukrahnemas (gadaiemas).DenganbiayapemasaransebesarRp 3.000.000/tahun, upayakomunikasipemasaran yang dilakukan Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamdalammemasarkanprodukrahnemassepertimelaluibrosur, spanduk, mini eksbanner, dan lain-lain.Hal inidapatdilihatdariperkembanganjumlahnasabah yang menggunakanprodukinidaritahun 2011 sampaitahun 2013.Dari hasilperbandinganjumlahnasabahpenggunaprodukrahnemastersebutdapatdijadikansebag aiukuranresponpositifmasyarakatterhadapkehadiranprodukrahnemas. Penelitianinimengambillokasi di PT. Bank MandiriSyariahCabangPembantuPanam yang beralamatkan di jalan HR. Subrantas KM. 9,5. PekanbaruPenelitianiniditujukanuntukmengetahuiupayamembangunkomunikasipemasar anprodukrahnemas, hambatan-hambatandalamkomunikasipemasaranprodukrahnemas, sertauntukmengetahuikesesuaiankomunikasipemasaranprodukrahnemaspada Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamdenganpemasaransyariah.Populasidalampenelitianiniterdiridari duakelompok (kelompokkaryawanbagianpemasarandankelompoknasabah).Adapunsampeldarikelomp okkaryawanyaitu 2 orang manajerpemasaranbagianpembiayaan, 1 orang asistenpemasaran, 1 orang officer gadai, 1 orang penaksirgadai. Sedangkansampeldarinasabahditetapkansebanyak 10%dari 750 nasabah.Hal inimerujukkepadapendapat Gay dalam Muhammad.2008 yang mengatakanmetodedeskriptif minimal 10% daripopulasi.Dengandemikianjumlahsampeldarinasabahsebanyak 75 orang.Teknikpengumpulan data dengancaraobservasi, wawancara, angketdandokumentasi. Analisis data dilakukandenganpendekatananalisisdeskriptifkualitatif.Dalamhalini, meliputimendeskripsikankomunikasipemasaranprodukrahnemaspada Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanam. Hasilpenelitian, menunjukkanbahwamembangunkomunikasipemasaranprodukrahnemasmenggunakanpe riklanandengan media brosur, mini eksbanner, spanduk.Sedangkanpenjualanperorangandilakukanolehcustomer servicedaneksekutive officer.Untukpromosipenjualandilakukandenganmemberikandiskon, dan souvenir kepadanasabahbarudannasabah priority-nya.Hubunganmasyarakat(public relation), dilakukandenganmengadakankegiatanamal, pameran,sertaseminar yang bekerjasamadengankantorperpajakan, danpolsektampan. Dari semuasaranakomunikasi yang ada, yang paling seringdilakukanolehBank SyariahMandiri Kantor CabangPembantumelaluiperiklanan, penjualanperorangan, danmelakukanpromosipenjualan. Hambatan-hambatan yang terjadipadasaatmelakukankomunikasipemasaranprodukrahnemasiniadalahhambatanpad atransmisipesan, hambatandalam proses decoding, danhambatanpadapenerimapesan. Komunikasipemasaranprodukrahnemas yang diterapkanjugatelahsesuaidenganpemasaransyariah. Kata kunci: KomunikasiPemasaran