Daftar Isi:
  • Adapunmasalah yang diteliti di latarbelakangioleh.Persainganperbankansyariah yang menuntutadanyakeunggulandalamberbagaibidangsalahsatu yang perlu di perhatikanpadabidangkomunikasipemasaran.Bank SyariahMandiriKantor CabangPembantuPanamdituntutuntukdapatsemaksimalmungkindalammengkomunikasi kanproduknyauntukmempengaruhinasabah agar melakukanpembelianpadaproduk- produknya.Salah satuproduk yang di tawarkanoleh Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamadalahprodukrahnemas (gadaiemas).DenganbiayapemasaransebesarRp 3.000.000/tahun, upayakomunikasipemasaran yang dilakukan Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamdalammemasarkanprodukrahnemassepertimelaluibrosur, spanduk, mini eksbanner, dan lain-lain.Hal inidapatdilihatdariperkembanganjumlahnasabah yang menggunakanprodukinidaritahun 2011 sampaitahun 2013.Dari hasilperbandinganjumlahnasabahpenggunaprodukrahnemastersebutdapatdijadikansebag aiukuranresponpositifmasyarakatterhadapkehadiranprodukrahnemas. Penelitianinimengambillokasi di PT. Bank MandiriSyariahCabangPembantuPanam yang beralamatkan di jalan HR. Subrantas KM. 9,5. PekanbaruPenelitianiniditujukanuntukmengetahuiupayamembangunkomunikasipemasar anprodukrahnemas, hambatan-hambatandalamkomunikasipemasaranprodukrahnemas, sertauntukmengetahuikesesuaiankomunikasipemasaranprodukrahnemaspada Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanamdenganpemasaransyariah.Populasidalampenelitianiniterdiridari duakelompok (kelompokkaryawanbagianpemasarandankelompoknasabah).Adapunsampeldarikelomp okkaryawanyaitu 2 orang manajerpemasaranbagianpembiayaan, 1 orang asistenpemasaran, 1 orang officer gadai, 1 orang penaksirgadai. Sedangkansampeldarinasabahditetapkansebanyak 10%dari 750 nasabah.Hal inimerujukkepadapendapat Gay dalam Muhammad.2008 yang mengatakanmetodedeskriptif minimal 10% daripopulasi.Dengandemikianjumlahsampeldarinasabahsebanyak 75 orang.Teknikpengumpulan data dengancaraobservasi, wawancara, angketdandokumentasi. Analisis data dilakukandenganpendekatananalisisdeskriptifkualitatif.Dalamhalini, meliputimendeskripsikankomunikasipemasaranprodukrahnemaspada Bank SyariahMandiri Kantor CabangPembantuPanam. Hasilpenelitian, menunjukkanbahwamembangunkomunikasipemasaranprodukrahnemasmenggunakanpe riklanandengan media brosur, mini eksbanner, spanduk.Sedangkanpenjualanperorangandilakukanolehcustomer servicedaneksekutive officer.Untukpromosipenjualandilakukandenganmemberikandiskon, dan souvenir kepadanasabahbarudannasabah priority-nya.Hubunganmasyarakat(public relation), dilakukandenganmengadakankegiatanamal, pameran,sertaseminar yang bekerjasamadengankantorperpajakan, danpolsektampan. Dari semuasaranakomunikasi yang ada, yang paling seringdilakukanolehBank SyariahMandiri Kantor CabangPembantumelaluiperiklanan, penjualanperorangan, danmelakukanpromosipenjualan. Hambatan-hambatan yang terjadipadasaatmelakukankomunikasipemasaranprodukrahnemasiniadalahhambatanpad atransmisipesan, hambatandalam proses decoding, danhambatanpadapenerimapesan. Komunikasipemasaranprodukrahnemas yang diterapkanjugatelahsesuaidenganpemasaransyariah. Kata kunci: KomunikasiPemasaran