STRATEGI KOMPETISI ANTARA TRAVEL HAJI DAN UMRAH PADA PT. SILVER SILK DAN MUHIBAH UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH JAMA’AH DITINJAUMENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
Main Author: | Husnita, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6595/1/fm.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6595/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6595/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6595/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6595/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6595/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6595/7/em.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6595/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berjudul‘’Strategi persaingan antara Travel Haji dan Umrah pada PT. Silver silk dan Muhibah dalam meningkatkan jumlah jamaah ditinjau menurut presfektif ekonomi Islam’’.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai persaingan yang dilakukan oleh Travel Silver silk dan Muhibah dalam meningkatkan jumlah jamaah,bahwa semakin banyak Jasa Travel Umrah dan Haji plus mereka harus menyiapkan strategi yang handal untuk menghadapi persaingan-persaingan tersebut, selain melakukan evaluasi terhadap kinerja pelayanan, travel silver silk dan muhibah harus menerapkan suatu strategi yang tepat agar keunggulan yang diraih tidak hilang begitu saja direbut oleh pendatang baru, sehingga dengan demikian travel silver silk dan muhibah dapat mempertahankan tingkat peminat atau berusaha untuk meningkatkan persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh) yaitu Travel Silver Silk dan Muhibah yang beralamat Jl.Khairudin Nasution No.77 simpang 3 Pekanbaru dan Jl. RA. Kartini. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana strategi persaingan antara travel haji dan umrah pada PT.Silver Silk dan Muhibah dalam meningkatkan jumlah jamaah dan Bagaiman tinjauan ekonomi Islam terhadap strategi persaingan dalam meningkat jumlah jamaah pada PT.Silver Silk dan Muhibah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi persaingan antara Travel Silver Silk dan Muhibah dalam meningkatkan jumlah jamaah dan untuk mengetahui tinjauan ekonomi Islam tentang strategi persaingan antara Travel Silver Silk dan Muhibah tersebut. Populasi dari penelitian ini sebanyak 20 orang pimpinan dan karyawan diantaranya 10 orang dari PT.Silver Silk dan 10 orang dari PT.Muhibah, karena jumlah populasinya sedikit sehingga semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampelnya adalah total sampling, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara,studi dokumen. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dan metode penulisan menggunakan metode deduktif dan induktif yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa upaya Travel Silver silk dan Muhibah dalam meningkatkan jumlah jama’ah dilakukan dengan menggunakan 3 strategi diantaranya melalui harga,strategi promosi serta pelayanan yang baik dan telah memelihara nilai-nilai ekonomi islam dengan menggunakan strategi handal yang juga tidak menyalahi kaidah-kaidah ekonomi Islam.