PENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Main Author: Hindama Afada,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6574/1/fm.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6574/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6574/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6574/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6574/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6574/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6574/7/em.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6574/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan penulis mengenai banyaknya mahasiswa Ekonomi Islam yang memiliki smartphone yang notabane nya merupakan sesuatu yang mahal, padahal kebanyakan mahasiswanya adalah kalangan menengah ke bawah. Bisa dilihat penggunaan smartphone pada saat ini bukan lagi dorongan dari faktor pemenuhan kebutuhan seseorang dalam komunikasi saja tetapi juga merambat ke gaya hidup remaja yang setiap saat berubah. Berdasarkan latarbelakang tersebut penulis merumuskan masalah sebagai berikut apakah ada pengaruh yang signifikan antara gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam tentang pengaruh antara gaya hidup dengan keputusan smartphone tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone, serta bagaimana tinjauan ekonomi Islamnya. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Syariah Uin Sultan Syarif Kasim Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi Islam yang mempunyai smartphone, yang jumlahnya tidak diketahui secara jelas, jadi digunakan sampling kuota yaitu pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan sebanyak 50 orang, penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, pengumpulan data dilakukan dengan mengajukan kuesioner kepada mahasiswa ekonomi Islam yang bersmartphone. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara variabel gaya hidup terhadap keputusan pembelian smartphone pada mahasiswa ekonomi Islam, hal ini dapat dilihat dari korelasi sebesar 0,691. Dari hasil uji validitas dan realibilitas, diketahui datanya valid dan instrumennya reliable. Dari hasil hasil analisis korelasi sederhana diketahui bahwa 47% keputusan pembelian dipengaruhi oleh gaya hidup. Selanjutnya menggunakan uji t, hipotesis yang didapat ialah terdapat pengaruh gaya hidup yang signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone. Tinjauan ekonomi Islam terhadap gaya hidup dan keputusan pembelian smartphone adalah pada umumnya belum sesuai dengan prinsip Islam, karena masih banyak yang membeli karena popularitas bukan karena kebutuhan.