PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DI KELAS IV SDN 004 PULAU BIRANDANG KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Edi Slamat, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6510/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6510/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6510/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6510/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6510/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6510/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6510/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6510/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar dengan penerapan model pembelajaran word square. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana penerapan model pembelajaran word square dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN 004 Pulau Birandang. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 004 Pulau Birandang Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran word square dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan mencari rata-rata persentase dan mengelompokkan data berdasarkan kategorinya. Setelah dilaksana kan penelitian diketahui adanya peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Pada sebelum tindakan ketuntasan siswa hanya mencapai 47,37% atau 9 orang siswa yang tuntas, pada siklus I siswa yang tuntas meningkat menjadi 14 orang atau ketuntasan hanya mencapai 73,68%. Pada siklus II ternyata ketuntasan siswa mencapai 17 orang siswa atau dengan persentase 89,47%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas IV SDN 004 Pulau Birandang.