Daftar Isi:
  • Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Metode Qira’ah dengan Menggunakan Permainan Mengharakati Kata untuk Meningkatkan Maharatul Qira’ah Siswa Di MTs Darussakinah Batu Bersurat Kabupaten Kampar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darussakinah Batu Bersurat Kabupaten Kampar, dan objeknya adalah Efektifitas Metode Qira’ah dengan Menggunakan Permainan Mengharakati Kata untuk Meningkatkan Maharatul Qira’ah Siswa pada pelajaran Bahasa Arab. Peneliti menggunakan observasi dan test untuk mengumpulkan data. Observasi dilaksanakan setiap kali pertemuan pada proses pembelajaran eksperimen. Dan test dilaksanakan sebelum dan sesudah menggunakan metode Qira’ah dengan permainan mengharakati Kata. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan yang signifikan antara menggunakan Metode Qira’ah dengan permainan Mengharakati Kata dengan tanpa menggunakan Metode Qira’ah dengan permainan mengharakati kata. Karena dari hasil observasi diperoleh persentase 86,6% dengan kategori “Baik Sekali” karena terletak pada interval 76% - 100%. Dan dari hasil t-test diperoleh nilai To = 3,59 yang berarti lebih besar dari "T" tabel pada taraf signifikan 1% = 2,72 dan taraf signifikan 5% = 2,02. Ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil observasi dan t-test (To), ini berarti bahwa Metode Qira’ah dengan Menggunakan Permainan Mengharakati Kata untuk Meningkatkan Maharatul Qira’ah Siswa Di MTs Darussakinah Batu Bersurat, Kabupaten Kampar.