PENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL POKOK BAHASAN KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN MELALUI TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 020 PADANG MUTUNG KECAMATAN KAMPAR

Main Author: Irfan Afendi,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6505/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6505/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6505/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6505/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6505/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6505/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6505/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6505/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar Negeri 020 Padang Mutung. Tujuan penelitian ini untuk mengtahui peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi discussion starter story pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan, Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah Guru dan Siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 020 Padang Mutung yang berjumlah sebanyak 30 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah Peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan keragaman kenampakan alam dan buatan melalui strategi discussion starter story. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi discussion starter story pada materi keragaman kenampakan alam dan buatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V Sekolah Dasar Negeri 020 Padang Mutung. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase rata-rata ketercapaian hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 65,24 dengan persentase ketuntasan 53,33%, sedangkan pada siklus I adalah 76,67 dengan persentase 80,00% dan pada siklus II adalah 93,33 dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 86,11. Kata kunci: Hasil belajar, Discussion Starter Story dan IPS