HUBUNGAN PERSPECTIVE TAKING DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA SISWA MTs DAREL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Siti Aminah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6346/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6346/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6346/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6346/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6346/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6346/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6346/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6346/ |
Daftar Isi:
- Perilaku1 agresif di kalangan pelajar dari tahun ke tahun semakin meningkat. Untuk itu, peran variabel non kognitif dalam proses pendidikan secara umum perlu diperhatikan dengan lebih serius. Salah satu variabel yang dimaksudkan adalah perspective-taking. Penelitian ini bertujuan melihat apakah ada hubungan negatif antara perspective-taking dengan perilaku agresif pada siswa MTs Darel Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi di MTs Darel Hikmah Pekanbaru yang berjumlah 131 orang. Skala yang digunakan untuk mengukur perspective-taking adalah 12 aitem yang dimodifikasi dari aitem perspective taking oleh Davis dan skala perilaku agresif diadaptasi berdasarkan aspek perilaku agresif oleh Buss dan Perry yang berjumlah 21 aitem. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment dari Pearson menunjukkan nilai r sebesar -0,802 dengan P=0,000 (p<0,01). Artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara perilaku agresif dan perspective-taking siswa MTs Darel Hikmah Pekanbaru.