METODE COLORING CARDS UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMA
Main Author: | Afriani Ade Putri, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6307/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6307/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6307/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6307/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6307/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6307/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6307/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6307/ |
Daftar Isi:
- Kekurangan dalam perbendaharaan kosa kata Bahasa Inggris pada siswa dapat menjadi salah satu penyebab rendahnya jumlah siswa yang belajar ke luar negeri, pekerja yang berkualitas, dan kurangnya kemajuan dalam berbagai bidang di negara Indonesia. Salah satu hal yang diasumsikan dapat meningkatkan perbendaharaan kosa kata Bahasa Inggris adalah dengan menggunakan metode warna dalam penyampaian materi Bahasa Inggris.Hal yang dilakukan untuk membuktikan asumsi tersebut adalah dilaksanakannya eksperimen pada 60 siswa SMAN P Pekanbaru. Subjek penelitian dibagi secara acak ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing kelompok terdiri dari 30 siswa yang memiliki pasangan dengan IQ sama pada masing-masing kelompok, desain penelitian dengan metode randomized matched two-groups design. Pengumpulandata dilakukan dengan membagikan lembar jawaban berisi 87 kosa kata yang diantaranya terdapat 36 kosa kata yang telah disajikan. Hipotesis penelitian ini adalah metode coloring cards dapat meningkatkan daya ingat mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa SMA. Dari eksperimen yang dilakukan diperoleh data yang dianalisis dengan uji paired sample t-test. Hasil analisis paired sampel t-test diperoleh nilai-t hitung sebesar 7,462 dari tabel t, untuk df= 29 (n-1= 30-1) dan l.o.s. 0,05 nilai t sebesar 1,699. Nilai-t hitung lebih besar dari nilai-t tabel, maka dapat dinyatakan bahwa warna berpengaruh secara signifikan terhadap daya ingat siswa.Hasil penelitian menunjukkan siswa yang diberi metode coloring cardsmemiliki skor daya ingat yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang tidak diberi metode coloring cards.