PENGARUH KEBIASAAN MENGAKSES INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR DAN UPAYA GURU PEMBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Jusmalinar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6266/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6266/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6266/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6266/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6266/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6266/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6266/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6266/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: apakah ada pengaruh kebiasaan mengakses internet terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Tambang dan upaya guru pembimbing untuk meningkatkan minat belajar siswa?. Jenis penelitian ini adalah korelasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah pengaruh kebiasaan mengakses internet terhadap minat belajar dan upaya guru pembimbing untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan penelitian korelasi. Adapun untuk memperoleh data yang diperlukan maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan angket. Dari hasil uji korelasi diperoleh nilai r hitung sebesar 0,514 lebih besar dari r tabel taraf signifikan 5% yaitu sebesar 0.217 dan pada taraf signifikan 1% yaitu sebesar 0.283. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan mengakses internet terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai KD sebesar 26,42%. Hasil ini menunjukkan bahwa variabel kebiasaan mengakses internet memberikan pengaruh sebesar 26,42% terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Berdasarkan penelitian di atas, maka penulis menyarankan kepada para guru agar lebih memperhatikan siswa agar tidak membawa hp dan untuk dapat mengakses internet di sekolah terutama di ruangan belajar. Kepada pihak sekolah terutama guru pembimbing agar memberikan arahan atau sosialisasi kepada siswa tentang pengaruh kebiasaan akses internet baik itu secara negatif.