PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA YANG BERLATAR BELAKANG PENDIDKAN DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (PDTA) DAN YANG TIDAK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI I KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Ismail,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6251/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6251/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6251/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6251/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6251/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6251/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6251/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6251/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa tamatan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) dengan siswa yang tidak sekolah di Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) di SMP Negeri I Tambang dan faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa tamatan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) dengan siswa yang tidak sekolah Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) di SMP Negeri I Tambang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam siswa tamatan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) dengan siswa yang tidak sekolah di Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) di SMP Negeri I Tambang Tahun Pelajaran 2013-2014 dan faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa tamatan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) dengan siswa yang tidak sekolah Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) di SMP Negeri I Tambang. Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek Penelitian adalah adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tambang, sedangkan objek penelitian ini adalah prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa tamatan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) dan siswa yang tidak sekolah di Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) di SMP Negeri I Tambang Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa tamatan Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) dengan siswa yang tidak pernah sekolah Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliah (PDTA) di SMP Negeri I Tambang berada pada kategori “Baik” Untuk siswa yang berlatar belakang PDTA (X) Prestasi Belajar PAI Yaitu : 84,71 dan Standard Deviasinya Adalah 5,747. Untuk siswa yang Non PDTA (Y) Prestasi Belajar PAI Yaitu : 80.06 dan Standard Deviasinya Adalah 5,321. Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara siswa yang berlatar belakang Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah (PDTA) dengan yang tidak di SMP Negeri 1 Tambang. Dari hasil perhitungan melalui analisis komparasi diperoleh 2,68 lebih besar dari dari pada taraf siqnifikan 5% yaitu 2,02. Dengan cara lain dapat ditulis sebagai berikut: 2,68 >2,02.