Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan layanan informasi dalam mereduksi perilaku merokok siswa di SMP Negeri 22 Pekanbaru. (2) efektivitas layanan informasi dalam mereduksi perilaku merokok siswa di SMP Negeri 22 Pekanbaru. (3) faktor yang mempengaruhi efektivitas layanan informasi dalam mereduksi perilaku merokok siswa di SMP Negeri 22 Pekanbaru. Masalah dalam penelitian ini yaitu siswa merokok di lingkungan sekolah, mengabaikan dampak dari bahaya merokok, dan siswa tidak serius saat pemberian layanan berlangsung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Subjek penelitian ini adalah siswa, subjek pendukung adalah guru pembimbing. Sedangkan, objeknya adalah efektivitas layanan informasi dalam mereduksi perilaku merokok siswa di SMP Negeri 22 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang siswa. Peneliti menggunakan Total Sampling (semua populasi dijadikan sampel). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, angket, dan wawancara. Teknik pengumpulan data dengan observasi menggunakan alat daftar checklist dan di analisis dengan deskriptif menghitung persentase. Teknik pengumpulan data angket di analisis dengan deskriptif menghitung persentase. Kemudian, teknik pengumpulan data dengan wawancara di analisis dengan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan layanan informasi dalam mereduksi perilaku merokok siswa di kategorikan “efektif”, ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan bahwa aspek-aspek yang diobservasi dilakukan sebanyak 23 kali dengan hasil pengamatan sebesar 68%. Efektivitas layanan informasi dalam mereduksi perilaku merokok siswa dikategorikan “efektif”, hal ini terlihat dari hasil pengolahan angket dengan jumlah 77%. Dan hasil dari wawancara bahwa guru pembimbing sudah memiliki kepribadian yang baik. Dalam melaksanakan layanan informasi, guru pembimbing sudah mendekati siswa dan mengakrabkan diri dengan siswa. Dalam pelaksanaan layanan informasi siswa berperan aktif dan memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru pembimbing. Sarana dan prasarana dalam pelaksanaan layanan informasi belum memadai, perlu adanya persiapan yang lebih maksimal lagi. Waktu dalam pelaksanaan layanan informasi sudah efektif sehingga layanan informasi berjalan dengan lancar.