PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN SISTEM JAWAB BERANTAI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 03 PEKANBARU
Main Author: | Minda Wahyuni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6236/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6236/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6236/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6236/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6236/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6236/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6236/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6236/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah di SMP N 03 Pekanbaru, dengan rumusan masalahnya yaitu, ''apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan sistem jawab berantai terhadap hasil belajar siswa SMP N 03 pekanbaru?''. Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan sistem jawab berantai terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 03 Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest – Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 03 Pekanbaru tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 525 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII, dengan kelas VIII6 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan sistem jawab berantai dan kelas VIII4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvesional. Pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan instrumen tes hasil belajar matematika. Teknik analisis menggunakan chi kuadrat untuk menguji normalitas data, uji varian untuk melihat homogenitas data dan rumus tes- t untuk mengetahui hasil penelitian. Sehingga diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,69 > 2,00) dan nilai rata – ratasiswa pada kelas eksperimen lebih tinggi disbanding kelas kontrol (77,30> 63,62). Hasil uji tersebut menyimpulkan adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan sistem jawab berantai dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di SMP N 03 Pekanbaru, karena adanya perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan sistem jawab berantai memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 03 Pekanbaru.