Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu persepsi penerapan metode ceramah (variable bebas/independen atau variabel X) dan keaktifan siswa (variable terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan persepsi penerapan metode ceramah terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri18 Pekanbaru. Sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara persepsi penerapan metode ceramah terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIIdi Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Pekanbaru. Sedangkan objeknya ialah persepsi penerapan metode ceramah dan keaktifan siswa. Populasinya adalah 270 siswa, karena banyaknya jumlah populasi maka penulis mengambil sampel 20% dari jumlah populasi dengan teknik proporsional sampling. Pengumpulan data melalui angket dan observasi sebagai pendukung serta dokumentasi. Data terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian Korelasi, yang kedua variabelnya bersifat ordinal, maka data dianalisis dengan teknik Korelasi Koefisien Kontingensi. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara persepsi penerapan metode ceramah terhadap keaktifan siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 18 Pekanbaru. Dari hasil analisa statistic dengan menggunakan Korelasi Koefisien Kontingensi pada penerapan metode ceramah dan keaktifan siswa diperoleh harga phi=0,134 lebihkecil dari “r” table baik pada taraf signifikan 5% = 0,273 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,354. Artinya, baik atau tidaknya penerapan metode ceramah oleh guru tidak mempengaruhi meningkatnya keaktifan siswa dalam pembelajaran.