PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERMAIN JAWABAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 2 KUOK KECAMATAN KUOK KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Heriady, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6227/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6227/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6227/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6227/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6227/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6227/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6227/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6227/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar kimia pada siswa SMAN 2 Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif bermain jawaban terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan hidrokarbon di kelas X SMAN 2 Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Penelitian ini dengan rancangan pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X1 (eksperimen) dan kelas X3 (Kontrol). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,20 dan ttabel = 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa dengan persentase pengaruh dari model pembelajaran kooperatif bermain jawaban terhadap hasil belajar siswa adalah 19,6%. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Bermain Jawaban, Hidrokarbon.