PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TEAM QUIZ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-HUDA PEKANBARU
Main Author: | Putriana, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6225/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6225/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6225/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6225/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6225/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6225/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6225/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6225/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masih rendahnya minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Berdasarkan permasalahan tersebut sala satu faktor yang dapat mempengaruhi siswa agar tertarik dan berminat untuk belajar adalah dengan menggunakan strategi yang tepat dalam pembelajaran. Sala satu strategi yang dapat menciptakan interaksi belajar yang baik dan menyenangkan adalah strategi Team Quiz. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah 1. Apakah ada pengaruh strategi Team Quiz terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru?. 2. Berapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran pembelajaran aktif Tipe Team Quiz terhadap minat belajar belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Al- Huda Pekanbaru? Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Prites-Postes Control Grup Desain. Dalam penelitian ini peneliti lansung berperan sebagai guru dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MadrasahTsanawiyah Al-Huda Pekanbaru yang berjumlah 279 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah minat belajar sejarah kebudayaan Islam siswa.Pengambilan data dalam penelitian menggunakan dokumentasi, lembar observasi, dan angket. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Team Quiz dan satu pertemuan lagi dilaksanakan dengan postes. Untuk mengetahui hasil penelitian tersebut dengan menggunakan rumus tes-t, yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan minat belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa 1. terdapat pengaruh positif strategi pembelajaran aktf tipe Team Quiz terhadap minat belajar sejarah kebudayaan Islam siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Huda Pekanbaru. 2. Besar pengaruh penerapan stratgi pembelajaran aktif tipe Team Quiz terhadap minat belajar Sejarah Kebudayaan Islam yaitu sebesar 11,61.