PENERAPAN STRATEGI APA ISI KESELURUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 165 PEKANBARU
Main Author: | Masnoni, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6215/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6215/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6215/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6215/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6215/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6215/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6215/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6215/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi apa isi keseluruhan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang menjadi subjeknya adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru dan objeknya yaitu penerapan strategi apa isi keseluruhan. Berhasilnya penerapan strategi apa isi keseluruhan pada mata pelajaran bahasa Indonesia, dapat diketahui setelah adanya peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dari sebelum tindakan, siklus I, siklus II. Sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya 19 orang dengan persentase 48.87% dengan kategori “kurang mampu” karena 48.87% berada pada rentang 41 – 55%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 27 orang dengan persentase 69,23% dengan kategori “cukup” karena 69.23% berada pada rentang 56-70%. Pada siklus II semua siswa tuntas dengan persentase 100% kategori “baik sekali” karena 100% berada pada rentang 90-100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 165 Pekanbaru dapat ditingkatkan dengan strategi apa isi keseluruhan .