HASIL BELAJAR KOGNITIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP YAYASAN TUNAS HARAPAN KECAMATAN PAYUNG SEKAKI PEKANBARU

Main Author: Rohmat,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMP
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/62/1/2011_201113.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/62/
Daftar Isi:
  • Hasil Belajar Kognitif Pendidikan Agama Islam Siswa SMP Yayasan Tunas Harapan Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru yang dimaksud dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami atau menerapkan pengetahuan pada materi pelajaran tertentu (pokok bahasan) tertentu, yang diketahui dari hasil evaluasi yang dilaksanakan oleh guru setelah mengikuti pembelajaran di kelas yang ditunjukkan oleh angka atau skor nilai hasil belajar. Adapun siswa yang dimaksud dalam penelitian ini dibatasi pada siswa kelas 2 atau VIII SMP Yayasan Tunas Harapan Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di SMP Yayasan Tunas Harapan Kecamatan Payung Sekaki, masih ada ditemui ketimpangan-ketimpangan pada siswa saat pembelajaran. Diantaranya yang berhubungan dengan penguasaan siswa terhadap materi Pendidikan Agama Islam, hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala yaitu: 1) masih ada siswa yang belum mampu mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70, 2) masih ada sebagian siswa yang belum lancar membaca Al-quran dan Hadits yang merupakan materi dasar pendidikan Agama Islam, 3) masih ada sebagian siswa yang belum dapat menghafalkan ayat-ayat pendek pada materi pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat Penguasaan Siswa Terhadap Materi Pendidikan Agama Islam di SMP Yayasan Tunas Harapan Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penguasaan siswa terhadap materi pendidikan Agama Islam adalah 85% atau dapat dikatakan penguasaan siswa terhadap materi pendidikan Agama Islam adalah baik. Walupun penguasaan siswa pada tiap aspek mengalami penurunan, namun berdasarkan analisis data pada Bab III bahwa persentase penguasaan 85% berada pada interval 80% - 89% atau de