PENGGUNAAN MEDIA KERTAS BERWARNA-WARNI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 004 SUNGAI JALAU KECAMATAN KAMPAR UTARA
Main Author: | Nurhikma, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6121/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6121/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6121/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6121/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6121/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6121/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6121/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6121/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan penggunaan media kertas berwarna-warni dalam upaya meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV SDN 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara. Yang di latar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan media Kertas Berwarna-warni dalam upaya meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV, sedangkan objeknya adalah Penggunaan Media Kertas Berwarna-warni dan Motivasi Belajar Matematika siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang menggangu kelancaran penelitian. Peneliti menyusun tahapan- tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif yang terdiri dari aktivitas guru, siswa dan motivasi belajar siswa. Aktivitas guru, siswa dan motivasi diperoleh melalui lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa adanya peningkatan motivasi belajar matematika siswa. Hasil ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari sebelum tindakan, hingga siklus II. Pada sebelum tindakan diketahui bahwa persentasi motivasi belajar siswa hanya 40%, kemudian meningkat pada siklus I dengan persentase 50,35%, selanjutnya pada siklus II persentase motivasi siswa adalah 80,35%. Karena persentase motivasi belajar siswa melebihi yang telah ditetapkan, maka penelitian ini dipandang telah berhasil. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media kertas berwarna-warni dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran matematika di SDN 004 Sungai Jalau Kecamatan Kampar Utara.