Daftar Isi:
  • Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kompetensi guru dalam manajemen kelas (variabel bebas/independen atau variabel X) dan minat belajar siswa (variabel terikat/dependen atau variabel Y). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara komptensi guru dalam manajemen kelas terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru, sedangkan rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi guru dalam manajemen kelas terhadap minat belajar siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitiannya adalah Kompetensi guru dalam manajemen kelas dan minat belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 SMP Negeri 17 Pekanbaru yang berjumlah 276 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehknik purpousive sampel dengan jumlah sampel 100 orang. Pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Data terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian Korelasi, yang kedua variabelnya bersifat ordinal, maka data dianalisis dengan teknik Korelasi Koefisien Kontingensi. Dari hasil analisa statistik dengan menggunakan Korelasi Koefisien Kontingensi pada kompetensi guru dalam manajemen kelas dan minat belajar siswa diperoleh harga phi =0,345 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% = 0,195 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,254. Artinya, semakin baik kompetensi guru dalam manajemen kelas, maka semakin tinggi pula minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran. Setelah melakukan penelitian, penulis mendapat kesimpulan akhir bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kompetensi Guru dalam Manajemen Kelas terhadap minat belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 17 Pekanbaru.