PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PEKANBARU
Main Author: | Rullyta Primasari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/611/1/2011_201143.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/611/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang sering muncul dalam pengolahan data pelanggan PDAM yaitu masih kurangnya usaha untuk memberikan berbagai informasi kepada pelanggannya. Hal ini terjadi karena kompleksitas dalam pengolahan data pelanggan meliputi jumlah tagihan, gangguan, dan pemakaian air. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dirancang sebuah sistem informasi pengolahan data pelanggan PDAM. Sistem ini diimplementasikan menggunakan pemograman PHP 5 dan J2ME untuk memudahkan pengaksesan secara mobile. Database yang digunakan dalam sistem informasi ini adalah MySQL. Sistem informasi ini dapat memecahkan masalah pada kebutuhan pelanggan akan informasi yang berkaitan dengan pelanggan. Baik berupa jumlah tagihan, adanya gangguan, serta jumlah pemakaian air yang digunakan pada tiap bulannya. Sistem informasi ini pelanggan dapat mengetahui informasi tagihan, gangguan, dan tarif menggunakan menggunakan web ataupun telepon seluler yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Kata kunci : Data pelanggan, PDAM, Sistem Informasi.