PENGARUH PENERAPAN STRATEGI JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH AIR TIRIS KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMAPAR

Main Author: Nurmawilis,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6103/3/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6103/7/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6103/1/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6103/2/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6103/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6103/4/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6103/6/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6103/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan studi pendahuluan yang penulis lakukan di temukan gejala- gejala yang berkaitan dengan penggunaan strategi pembelajaran. Gejala tersebut dapat dilihat dari sebagian guru kurang menguasai strategi sehingga penerapan strategi cendrung pasif dan juga sewaktu guru membentuk kelompok tidak semua siswa ikut serta berdiskusi dengan temannya. Oleh karena itu, penulis ingin mengangkat permasalahan tersebut kedalam sebuah penelitian yang berjudul: “Pengaruh Penerapan strategi Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Air Tiris. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh penerapan yang signifikan terhadap prestasi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Asy- Syafi’iyah Air Tiris Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar . Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Air Tiris yang berjumlah 67 siswa, sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruh penerapan strategi Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Air Tiris. Tekhnik pengambilan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Tes dipergunakan untuk melihat ada atau tidaknya perbedaan prestasi siswa yang signifikan melalui penerapan strategi Jigsaw jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa strategi Jigsaw. Selanjutnya tes dianalisis dengan menggunakan tes’t’. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis percobaan, diperoleh kesimpulan bahwa dengan penerapan strategi Jigsaw dapat meningkatkan perbedaan prestasi siswa yang lebih baik pada pokok bahasan jual beli, khiyar, musaqah, muzara’ah dan mukhabarah jika dibandingkan dengan pembelajaran tanpa strategi Jigsaw.