Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di SMAN 5 Pekanbaru yang masih rendah, siswa cenderung bersikap pasif, malu bertanya kepada guru dan kurangnya kerja sama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia di kelas XI IPA SMAN 5 Pekanbaru dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing pada Pokok Bahasan Asam dan Basa Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Pekanbaru, Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA-3, XI IPA-4, XI IPA-5 dan XI IPA-6. Tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA-5 dan XI IPA-6, dimana kelas XI IPA-5 sebagai kelas eksperimen yang akan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing dan kelas XI IPA-6 sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang dilihat dari ranah kognitif setelah diadakan perlakuan, dari nilai N-gain ternormalisasi (N-Gain) kelas eksperimen termasuk kedalam kategori tinggi yaitu sebesar 0,75 sedangkan di kelas kontrol termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 0,69. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test Related Sampel. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 5,33 dan ttabel = 2,00 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar dari ranah kognitif. Kata kunci : Hasil Belajar, Kancing Gemerincing , Asam dan Basa.