EFEKTIVITAS MEDIA PERMAINAN BISIK BERANTAI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Siti Rohani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6076/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6076/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6076/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6076/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6076/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6076/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6076/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6076/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media permainan bisik berantai pada pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas VIII.A dan kelas VIII.B di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batu belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah guru (peneliti), siswa kelas VIII.A dan kelas VIII.B Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batu belah, dan objeknya adalah efektivitas media permainan bisik berantai untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menggunakan tes dan pengamatan untuk mengumpulkan data. Tes tersebut dilaksanakan sebelum menggunakan strategi permainan bisik berantai dan sesudah menggunakan media permainan bisik berantai, sedangkan pengamatan dilaksanakan saat proses pembelajaran berlangsung. Adapun hasil penelitian ini adalah media permainan bisik berantai efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batu belah, karena Nilai To = 4,55 lebih besar dari T pada taraf signifikan 5% = 2,01 dan pada taraf signifikan 1% = 2,68. Serta dilihat dari data pengamatan diperoleh hasil 83 % (sangat baik) karena pada taraf 80%-100% adalah sangat baik. Hal ini berarti bahwa Ha (hipotesis alternatif) diterima dan Ho(hipotesis nihil) ditolak