EFEKTIFITASMETODEMU’ADALAHDALAMMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XIPADA MATA PELAJARAN NAHWUDI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN RIMBA MELINTANG AL- MUHSININ KABUPATEN ROKAN HILIR
Main Author: | Ramayana, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6075/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6075/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6075/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6075/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6075/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6075/6/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6075/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui Efektifitas metode Mu’adalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Nahwu di Madrasah Aliyah pondok Pesantren Rimba Melintang Al- Muhsinin Kabupaten Rokan Hilir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MA AL- Muhsinin Rimba Melintang Kabupaten Rokan HIlir yakni kelas XI A dan kelas XI B, dan objeknya adalah efektifitas pelaksanaan metode Mu’adalah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Nahwu di Madrasah Aliyah pondok Pesantren Al- Muhsinin Rimba Melintang Kabupaten Rokan Hilir.. Peneliti menggunakan Test dalam mengumpulkan data. Test tersebut dilaksanakan sebelum pelaksanaan metode eksperiment( Metode Mu’adalah) dan setelah pelaksanaan metode Mu’adalah saat proses pembelajaran berlangsung, sedangkan untuk menganalisa data, peneliti menggunakan rumus: 22 11 SDySDx yx to Data analisa yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwaterdapa tperbedaan yang sicnifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pelaksanaan metode Mu’adalah dan siswa yang diajarkan tanpa pelaksanaan metode Mu’adalah, karena nilai To = 0,79 kecil dari Tt pada taraf 5% = 2,05dan taraf 1% = 2,76, ini berarti hipotesis alternative ditolak dan hipotesis nihil diterima.