PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERIODIK UNSUR DAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMAN 1 TAMBANG KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Erma Liza,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6062/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6062/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6062/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6062/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6062/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6062/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6062/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6062/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya partisipasi merespon siswa SMAN 1 Tambang dalam pelajaran sehingga hasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X.3 (eksperimen) dan kelas X.5 (kontrol). Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur dan ikatan kimia di kelas X SMAN 1 Tambang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Round Robin dikelas eksperimen dan pembelajaran biasa ( ceramah, dan diskusi) dikelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah dengan melakukan uji homogenitas menggunakan uji bartlet sebagai data awal pada pokok bahasan sistem periodik unsur dan ikatan kimia, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 5,20 dan ttabel= 1,67 dan menunjukkan thitung > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya rata-rata gain ternormalisasi <N-Gain> hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 0,69 yang termasuk kategori sedang dan untuk kelas kontrol adalah 0,56 termasuk kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Round Robin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem periodik unsur dan ikatan kimia dengan kategori sedang. Kata Kunci :Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Round Robin, Hasil Belajar, Sistem Periodik Unsur , Ikatan Kimia