Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya guru ekonomi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Subjek dari penelitian ini adalah upaya guru ekonomi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Objeknya guru ekonomi dan siswa di kelas XI Madrassah Aliyah Terantang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 20 orang dan Guru ekonomi Kelas XI di Madrasah Aliyah Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 21 orang. Populasi dalam penelitian ini kurang dari 100 orang, karena populasi di bawah seratus maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data yang dibutuhkan penulis menggunakan 3 (tiga) teknik pengumpulan data : 1. Angket, 2. Wawancara, 3. Dokumentasi. Mengolah data kualitatif, penulis menggunakan rumus P = x 100%. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa upaya guru ekonomi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dikelas XI Madrasah Aliyah Swasta Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar tergolong tinggi karena berada pada angka 65,87%. Sesuai dengan ukuran persentase yang ditetapkan untuk kategori tinggi berada antara 61% sampai 80%.