Daftar Isi:
  • Seorang siswa yang telah belajar mata pelajaran Aqidah Akhlakdiharapkan akan mempunyai perilaku-perilaku terpuji atau perilaku sosial yang bernilai positif, sebagaimana tergambar dalam perilaku asertif dimana seorang tersebut akan menunjukkansikap tubuh atau bahasa verbal yang positif,mampu melakukan pembicaraan yang bervariasi dan sukses, mempunyai pandangan dan orientasi aktif tentang hidup dan pekerjaan, dapat menguasai diri, bertindak secara terhormat serta menerima keterbatasan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku asertif siswa Madrasah Aliyah Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar yang berjumlah 74 orang. Dengan demikian penelitian ini disebut penelitian populasi. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan cara angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisa dengan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Kemudian diolah dengan bantuan program SPSS 17.0 for Windows.Metode analisis data menggunakan korelasi Product Momentdari Pearsonmenunjukkan r sebesar 0,433 dengan ρ=0,000 lebih besar daripada taraf signifikan 0,01 (ρ<0,01). Artinya ada pengaruh positif yang signifikan antara pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap perilaku asertif siswa Madrasah Aliyah Terantang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.