KETERAMPILAN GURU PAI MENCIPTAKAN SUASANA LINGKUNGAN YANG KONDUSIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 006 DESA RIMBA JAYA KECAMATAN PAGARAN TAPAH DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU

Main Author: Siti Barokah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6044/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6044/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6044/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6044/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6044/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6044/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6044/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6044/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berjudul keterampilan guru Pendidikan Agama Islam menciptakan suasana lingkungan yang kondusif dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 006 Desa Rimba Jaya Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana keterampilan guru Pendidikan Agama Islam menciptakan suasana lingkungan yang kondusif dalam proses pembelajaran dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan guru Pendidikan Agama Islam menciptakan suasana lingkungan yang kondusif dalam proses pembelajaran. Manfaat penelitian ini bagi guru menjadi bahan acuan dalam menciptakan proses pembelajaran yang kondusif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 006 Desa Rimba Jaya Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Sedangkan objeknya adalah keterampilan guru Pendidikan Agama Islam menciptakan suasana lingkungan yang kondusif dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 006 Rimba Jaya Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Penulis mengambil sampel untuk penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam yang mengajar di Sekolah Dasar Negeri 006 Desa Rimba Jaya yang berjumlah 1 guru, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah penulis memperoleh data dari lapangan dengan alat pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian penulis menganalisanya. Adapun teknik analisa data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan persentase. Rumusnya :P=F/N x 100 % Berdasarkan analisa data, dapat disimpulkan bahwa keterampilan guru Pendidikan Agama Islam menciptakan suasana lingkungan yang kondusif dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 006 Desa Rimba Jaya Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu tergolong “Optimal” karena secara kualitatif persentase diperoleh skor 66,50%.