PENGARUH PENERAPAN STRATEGI POSTER SESSION TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH ALIYAH NEGRI KAMPAR
Main Author: | Neni Zahara, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/6041/1/FM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6041/2/BAB%20I.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6041/3/BAB%20II.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6041/4/BAB%20III.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6041/5/BAB%20IV.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6041/6/BAB%20V.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6041/7/EM.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/6041/ |
Daftar Isi:
- Pencapaian tujuan pembelajaran merupakan hal penting. Salah satu permasalahan kurang tercapainya tujuan pembelajaran adalah rendahnya prestasi belajar siswa sehingga dibutuhkan strategi, metode atau model pembelajaran yang tepat agar tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan strategi Poster Session terhadap prestasi belajar al-qur’an hadits siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni “Apakah ada pengaruh yang signifikan penerapan strategi Poster Session terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran al-qur’an hadits di Madrasah Aliyah Negeri Kampar? Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Quasi Experiment Design (Desain Penelitian Semu). Dalam penelitian ini Peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di Madrasah Aliyah Negeri Kampar yang berjumlah 89 siswa. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 44 orang, pemgambilan sampel penelitian ini dengan teknik random sampling. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah prestasi belajar al-qur’an hadits siswa kelas XI IPS yakni kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS 2. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi yang dilakukan setiap kali pertemuan. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan selama 6 kali, yaitu 5 kali pertemuan dengan menerapkan strategi Poster Session, 1 pertemuan dilaksanakan tes yakni postest. Untuk mengetahui hasil penelitian digunakan uji varians untuk menguji homogenitas kemudian rumus tes-t, untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan strategi Poster Session terhadap prestasi belajar al-qur’an hadits siswa Madrasah Aliyah Negeri Kampar. Berdasarkan analisis data diputuskan bahwa perbandingan ≥ atau 3.47 ≥ 2,02 maka diputuskan hipotesis (Ha) diterima dan (H0) ditolak yang berarti terdapat perbedaan rata-rata skor postest hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ini artinya, ada pengaruh positif penerapan strategi Poster Session terhadap prestasi belajar al-qur’an hadits siswa Madrasah Aliyah Negeri Kampar.