PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PASANG BAGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VA SEKOLAH DASAR NEGERI 005 HANGTUAH KECAMATAN PERHENTIAN RAJA KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Arif Budiman,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6032/1/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6032/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6032/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6032/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6032/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6032/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6032/7/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6032/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( class action research) yang bertitik tolak pada rumusan masalah yaitu apakah strategi pembelajaran aktif pasang bagi dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS pada materi perjuangan pahlawan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VA SDN 005 Hangtuah. Adapun subjek dari penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VA dengan jumlah siswa sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 14 laki-laki dan 14 perempuan. Sedangkan objek pada penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran aktif pasang bagi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus empat kali pertemuan dengan tahapan sebagai berikut : 1.) Perencanaan, 2.)Pelaksanaan tindakan, 3.) Observasi dan 4.) Refleksi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistic deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk uraian singkat atau essay. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi perjuangan pahlawan. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 64.46%. Setelah dilakukan tindakan, hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya yakni 72.08%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif pasang bagi dalam pembelajaran IPS materi perjuangan pahlawan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.