PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE YANG MANA KELOMPOK SAYA DALAM PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Ady Malizar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
SD
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/6031/7/FM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6031/2/BAB%20I.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6031/3/BAB%20II.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6031/4/BAB%20III.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6031/5/BAB%20IV.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6031/6/BAB%20V.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6031/1/EM.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/6031/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V di MIM Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, dalam pembelajaran Aqidak khlak terdapat beberapa fenomena yang berkaitan dengan aktivitas belajar siswa diantaranya: dari 20 orang siswa hanya sekitar 8 orang atau 40% saja yang mau mencatat poin-poin penting tentang materi yang dijelaskan oleh guru. Ketika diminta untuk membaca buku sekitar 10 menit sebelum pelajaran dimulai sebagian siswa tidak melakukannya justru banyak siswa yang bercerita hal-hal diluar pelajaran. Sebagian besar siswa tidak mau bertanya atau memberikan tanggapan tentang materi yang sedang dipelajari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian lebih terarah sesuai dengan perencanaan, maka penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, kemudian pelaksanaan tindakan, serta observasi dan refleksi tindakan. Adapun yang menjadi sukjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V MIM Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Sedangkan objeknya yaitu penerapan strategi pembelajaran cooperative tipe yang mana kelompok saya untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V di MIM Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Berdasarkan hasil analisis data seperti diuraikan pada bab IV dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran cooperative tipe yang mana kelompok saya dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV khususnya pada mata pelajaran Aqidak Akhlak MIM Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Aktivitas belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar dengan penerapan strategi pembelajaran cooperative tipe yang mana kelompok saya sebelum tindakan tergololong “kurang” dengan persentase 43% berada pada interval 30%-49% dengan kategori kurang. Pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 52%, berada pada interval 50%-69% dengan kategori cukup. Pada pertemuan 2 juga meningkat 63%, pada siklus II pertemuan 1 aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dengan strategi pembelajaran cooperative tipe yang mana kelompok saya secara keseluruhan diperoleh persentase 77%, pada pertemuan 2 diperoleh persentase 95%, berada pada interval 90%-100% dengan kategori baik sekali.